Kurangnya Kompetensi Pendidik Menjadi Masalah di Indonesia

Penulis

  • Mulyati Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.20527/tmkm.v1i1.429

Kata Kunci:

Kualitas, Tenaga Pendidik, Permasalahan di Indonesia

Abstrak

Masalah Pendidikan di Indonesia semakin rumit, bertambah banyak dan komplek. Salah satu permasalahan Pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu Pendidikan pada setiap jenjang satuan Pendidikan. Berbagai indikator mutu Pendidikan belum menunjukkkan peningkatan yang berarti. Sebagian sekolah terutama di kota-kota menunjukkan peningkatan Pendidikan yang cukup menggembirakan, tetapi yang lainnya masih memprihatinkan. Rendahnya mutu Pendidikan di sekolah disebabkan oleh beberapa factor antara lain: a. Rendanya sarana fisik sekolah; b. Rendahnya kualitas guru; c. Rendahnya kualitas guru; d. Kurangnya pemerataan Pendidikan; e. Rendahnya relevansi Pendidikan dengan kebutuhan; f. Mahalnya biaya Pendidikan. Salah satu  faktor    mendasar yang menentukan   ketercapainya   tujuan   pendidikan nasional di atas adalah guru. Peran guru menjadi salah satu komponen  yang penting  dan strategis melalui  kinerjanya.Kinerja  guru  sangat  penting dalam  mewujudkan  tujuan  pendidikan nasional dan  menentukan  tinggi rendahnya mutu pendidikan, akan tetapi kinerja guru ini banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari dalam maupun  dari  luar individu yang bersangkutan. Artikel ini dibuat  merupakan sebuah upaya mendapatkan gambaran bagaimana kinerja guru dan factor- faktor  yang mempengaruhi dalam rangka meningkatkan  mutu  dan  kualitas  guru  Sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-13

Cara Mengutip

Mulyati, M. (2022). Kurangnya Kompetensi Pendidik Menjadi Masalah di Indonesia. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.20527/tmkm.v1i1.429