Kurangnya Kompetensi Pendidik Menjadi Masalah di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.20527/tmkm.v1i1.429Kata Kunci:
Kualitas, Tenaga Pendidik, Permasalahan di IndonesiaAbstrak
Masalah Pendidikan di Indonesia semakin rumit, bertambah banyak dan komplek. Salah satu permasalahan Pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu Pendidikan pada setiap jenjang satuan Pendidikan. Berbagai indikator mutu Pendidikan belum menunjukkkan peningkatan yang berarti. Sebagian sekolah terutama di kota-kota menunjukkan peningkatan Pendidikan yang cukup menggembirakan, tetapi yang lainnya masih memprihatinkan. Rendahnya mutu Pendidikan di sekolah disebabkan oleh beberapa factor antara lain: a. Rendanya sarana fisik sekolah; b. Rendahnya kualitas guru; c. Rendahnya kualitas guru; d. Kurangnya pemerataan Pendidikan; e. Rendahnya relevansi Pendidikan dengan kebutuhan; f. Mahalnya biaya Pendidikan. Salah satu faktor mendasar yang menentukan ketercapainya tujuan pendidikan nasional di atas adalah guru. Peran guru menjadi salah satu komponen yang penting dan strategis melalui kinerjanya.Kinerja guru sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan menentukan tinggi rendahnya mutu pendidikan, akan tetapi kinerja guru ini banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari dalam maupun dari luar individu yang bersangkutan. Artikel ini dibuat merupakan sebuah upaya mendapatkan gambaran bagaimana kinerja guru dan factor- faktor yang mempengaruhi dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas guru Sekolah.